OPTIK - Efek Doppler pada GEM (Gelombang Elektromagnetik)



EFEK DOPPLER PADA
GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (GEM)


Disusun oleh:
Kelompok 6 / Pendidikan Fisika 5B
Gita Verawati
Rhodiatussholihah
Rosita Nur Azmi




Efek Doppler pada GEM

Terdapat efek Doppler untuk gelombang elektromagnetik dalam ruang hampa, seperti gelombang cahaya atau radio. Dalam kasus ini tidak ada medium yang dapat kita gunakan sebagai sebuah acuan untuk mengukur kecepatan, dan yang penting adalah kecepatan relative sumber dan penerima (Young, 2002: 74).


Untuk menurunkan pernyataan mengenai pergeseran frekuensi Doppler pada cahaya, kita harus menggunakan teori relativitas khusus, yaitu:

Yang mana setelah diturunkan akan menghasilkan rumus baru. Laju gelombang itu adalah laju cahaya, biasanya dinyatakan oleh c, dan laju itu sama untuk kedua sumber dan penerima. Dalam kerangka acuan ketika penerima itu diam, sumber itu bergerak menjauhi penerima dengan kecepatan v (Jika sumber mendekati penerima, v adalah negatif). Frekuensi sumber adalah fs, frekuensi fr yang diukur oleh penerima R akan diberikan oleh persamaan:




Persamaan ini adalah persamaan dari efek Doppler untuk cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, setelah melalui proses penurunan dari salah satu teori persamaan relativitas khusus.
Aplikasi efek Doppler yang sudah banyak dikenal adalah alat radar yang dinaikkan pada jendela samping sebuah mobil polisi untuk memeriksa laju mobil lainnya. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat itu direfleksikan dari sebuah mobil yang bergerak, yang bertindak sebagai sumber yang bergerak, dan gelombang yang direfleksikan kembali ke alat itu mempunyai frekuensi yang mengalami pergeseran Doppler. Sinyal yang ditransmisikan dan sinyal yang direfleksikan digabungkan untuk menghasilkan layangan, dan laju mobil itu dapat dihitung dari frekuensi layangan. Cara yang serupa digunakkan untuk mengukur kecepatan angin dalam atmosfer.
Efek Doppler untuk gelombang elektromagnetik, termasuk cahaya tampak, penting dalam astronomi. Para ahli perbintangan membandingkan panjang gelombang cahaya dari bintang yang jauh dengan panjang gelombang yang dipancarkan oleh elmen yang sama di bumi. Dalam sistem bintang kembar, dimana dua bintang mengorbit mengelilingi pusat massa bersamanya, cahaya digeserkan oleh efek Doppler ke frekuensi yang lebih tinggi bila sebuah bintang bergerak menuju seorang pengamat di bumi dan digeserkan ke frekuensi yang lebih rendah bila bintang itu bergerak menjauhi pengamat di bumi. Pengukuran pergeseran frekuensi itu mengungkapkan informasi bentuk orbit dan massa bintang yang membentuk sistem kembar tersebut.



DAFTAR PUSTAKA
Young, hugh D. 2002. Fisika Universitas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPTIK: Difraksi Cahaya